Cara Mudah Mencangkok Pohon Mangga

Mencangkok pohon mangga ternyata tidak terlalu sulit, kalau anda belum pernah mencangkok pohon mangga, maka silahkan anda coba ikuti petunjuk yang akan admin berikan dibawah ini, jadi harap membaca artikel ini hingga tuntas dan jangan lupa untuk mengunjungi terus blog ini guna memperoleh pengalaman yang ada didalamnya.


Karena jikalau tidak sempurna dalam mencangkok atau bisa kita katakan mencangkok mangganya tidak hati-hati, maka bisa di pastikan balasannya tidak akan sesuai yang anda harapkan, yaitu hasil cangkok mangga tidak mau berakar.

Kalau cangkok tumbuhan sudah lebih dari 1 bulan dan tidak juga tumbuh akar, maka bisa dipastikan anda gagal dalam mencangkok. Kenapa kok mencangkok tumbuhan bisa gagal dan apa penyebab mencangkok tumbuhan menjadi gagal?

Mencangkok Pohon Mangga Agar Cepat Berakar

Persiapkan peralatan berikut ini :

  • Pisau yang tajam ( kalau saya biasa membeli pisau cutter alasannya ialah harganya murah dan sanggup diganti atau di isi ulang ).
  • Gunting ( Gak perlu yang gres asal masih bisa digunakan ya )
  • Plastik bening transparan ( Biasanya saya gunakan plastik es ) atau kalau gak mau pakai plastik bisa juga pakai serabut kelapa. Tapi kalau anda ikut saya ya harus pakai plastik donk.
  • Tali rafia ( Gak harus rafia juga boleh yang penting bisa untuk mengikat dengan besar lengan berkuasa ).
  • Media tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kompos.

Cara Mencangkok :

  • Silahkan anda cari dan tentukan dulu pohon mangga mana yang akan dicangkok. Setelah sanggup maka anda haru pilih batang mangga yang lurus dan ukurannya sedang. Jika perlu cari batang yang sudah berbunga semoga nanti cepat berbuah.
  • Setelah sanggup batang yang akan dicangkok, silahkan sayat atau kupas batang tersebut kira-kira dari pangkal batang sekitar 5 cm atau lebih juga boleh. Lalu silahkan sayat atau kupas dengan memakai pisau yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Untuk lebar sayatan tergantung anda, kalau saya biasanya sekitar 5 cm atau tergantung besar kecilnya batang yang dicangkok.
  • Kupas kulit pohon mangga dengan benar-benar higienis dan usakahan kambuimnya atau lendirnya higienis dan tidak ada lagi tersisa. Karena jikalau kambiumnya masih ada tertinggal, maka tidak akan berhasil nanti cangkokannya. Kenapa bisa demikian? Kambium tersebut akan menutup luka sayatan kembali.
  • Setelah anda yakin higienis dan tidak ada lagi kambiumnya, maka tutup atau tempelkan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk tadi, usahakan tanahnya dibasahin semoga lembek dan bisa menempel.
  • Setelah batas luka sayatan cuilan atas tertutup tanah seluruhnya, lalau bungkus dengan plastik bening transparan dan ikat dikedua ujungnya kuat-kuat.
  • Jangan lupa untuk melubangi cangkokan tersebut, cukup anda tusuk-tusuk dengan pisau atau lidi saja.
  • Siram hasil cangkokan tersebut setiap hari, pagi dan sore hari selama proses pengakaran. 

Biasanya hasil cangkok akan mulai berakar sesudah 20-30 hari tergantung anda mencangkoknya. Kalau mau lebih cepat berakar, sebelum ditempel tanah, anda bisa oleskan bawang merah terlebih dahulu. Karena manfaat bawang merah ini bisa merangsang pertumbuhan akar. Demikianlah sedikit pengalaman wacana Cara Praktis Mencangkok Pohon Mangga Agar Cepat Berakar Dalam Hitungan Hari. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.