Inilah Penyebab Jerawat Sering Muncul

Ketika melihat jerawat yang menempel pada wajah sudah pasti merasa sangat kesal, dan ingin menyingkirkannya secepatnya. Sudah pasti semua orang menginginkan wajahnya bersih tanpa jerawat, agar enak di pandang hehehe.

Tapi kalau dipikirkan lagi apa sih yang menyebabkan jerawat ini bisa muncul? Apakah karena salah mengonsumsi makanan atau malas membersihkan wajah?

Menurut para ahli, berikut adalah penyebab mengapa dapat munculnya jerawat di wajah:

1. Peradangan dan Tumbuhnya bakteri

Setiap manusia sudah pasti memiliki bakteri yang hidup didalam kulitnya, akan tetapi jika pertumbuhan bakterinya terlalu berlebihan ini dapat menyebabkan peradangan yang berdampak pada timbulnya jerawat yang merah.

Jerawat merupakan kondisi dimana kulit meradang, tetapi bukan berarti infeksi walaupun bakteri dalam kulit ikut terlibat didalamnya.

Minyak di kulit adalah penyebab utama banyaknya bakteri yang ada di wajah, bakteri ini dapat menyebabkan peradangan di bandingkan dengan infeksi.

Selama masa pubertas kulit menghasilkan lebih banyak minyak atau sebum yang dapat menjadi makanan bagi bakteri yang sedang hidup di kulit kita . Pertumbuhan yang berlebihan dari bakteri dapat menyebabkan jerawat misalnya dapat menyumbat pori dengan sebum.

Itulah kenapa orang di anjurkan untuk mengkonsumsi antibiotik dalam membersihkan jerawat.

2. Diet

Menurut para ahli,, makanan yang paling disalahkan untuk hal jerawat adalah susu sap. Ini karena mengandung gula yang sangat berperand alam memproduksi minyak berlebih.

Makanan yang mempunyai indeks glikemik yang tinggi kerap juga disalahkan. Ini karena tingginya kadar gula dapat meningkatkan peradangan pada kulit dan menyebabkan penyumbatan pori-pori.

3. Minyak yang berlebih dan Sel lengket

Salah satu masalah paling umum yang dapat menyumbat pori-pori adalah minyak yang berlebihan pada kulit adalah penyebab utama terbentuknya jerawat.

Menurut seorang dookter di New York City kelenjar minyak yang ada di permukaan kulit dihubungkan oleh ribuan pipa yang dibuat oleh kulit.

Pada saat minyak di produksi dan menembus folikel, mungkins aja terperangkap di bagian belakang sel kulit dan menumpuk lalu terbentuklah jerawat.

Sebagian besar minyak dipengaruhi oleh hormon yang dihasilkan oleh kode genetic. Itulah kenapa wanita lebih sering keluar jerawat pada saat menstruasi.

4. Hormon

Bagi wanita jerawat cenderung bermanifestasi sebagai lesi kistik merah di bagian bawah wajah.
Ada beberapa hormon yang dapat menyebabkan munculnya jerawat, dua hormon yang paling di jumpai adalah estosteron dan kostisol. Hormon inilah yang dapat merangsang prosuksi minyak yangd apat menyebabkan pori-pori tersumbat.

Kalau hormone kortisol biasanya berhubungan dengan stress. Jerawat stres pada dasarnya jerawat perawatannya memang agak sedikit beda.

Itulah 4 penyebab jerawat sering muncul dalam wajah kita yang berhasil Biru News rangkum, semoga kita semua terhindar dari jerawat.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.